Selasa, 03 Januari 2012

Manfaat lain dari ikan

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa ikan / makanan laut menyediakan banyak lemak omega-3 untuk kesehatan, dan The American Heart Association merekomendasikan makan dua porsi ikan per minggu untuk membantu memastikan bahwa kita cukup lemak omega-3, khusunya DHA dan EPA. Rekomendasi ini, bagaimanapun juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan vitamin B12 tanpa banyak kalori.



Vitamin B12 (cobalamin) dibutuhkan untuk mendukung fungsi saraf yang tepat dan pembentukan darah. Ketika diet, kita kekurangan vitamin B12, anemia dapat berkembang, bersama dengan kerusakan saraf. Gejala dimulai dengan kesemutan dan mati rasa pada kaki, kesulitan berjalan, kehilangan konsentrasi dan memori, perubahan mood, gangguan visual, insomnia dan ganggan kandung kemih dan control usus.

Yang terjadi secara alamiah, vitamin B12 terikat dengan protein makanan. Keasaman dalam perut sehat memungkinkan vit. B12 untuk memisahkan dari protein makanan dan berjalan menuju ke usus kecil akan dapat mengikat dengan factor intrinsic. Hal ini memungkinkan vit. B12 untuk dapat diserap ke dalam aliran darah. Meskipun pada saat sekresi asam perut dapat ditoleransi atau jika factor intrinsic tidak dapat diproduksi dalam perut, penyerapan vit. B12 akan kompromi dan kekurangan bias berkembang dari waktu ke waktu. Sumber makanan yang difortifikasi dan suplemen mengandung vit. B12 bentuk bebas sehingga keasaman perut tidak diperlukan untuk pencernaan dan penyerapan.

Dimana mendapatkan vitamin B12 ?

Sumber vit. B12 di antaranya makanan hewani (misalnya ikan/makanan laut, daging, unggas, telur, susu dan keju) dan makanan yang diperkaya (misalnya sereal,susu kedelai dan suplemen.

Untuk orang dewasa yang sehat, RDA adalah 2,4 mcg per hari. Hal ini dapat diperoleh dari memakan beberapa porsi makanan dari hewan atau tumbuhan yang diperkaya. Bagi Anda yang ingin makanan yang baik bagi kesehatan jantung, maka ikan dan makanan laut adalah pilihan terbaik, karena merupakan lemak omega-3 dan sumber vit B12.

Ikan Seafood (4 ons)
Vitamin B12 (RDA %)
Clams                    5604%
Oysters                   1084%
Crab                       588%
Sardines                  510%
Coho salmon            283%
Herring pickled        242 %
Lobster                   176 %
Tuna light, tuna kaleng       170%
Tilapia                             105 %
Udang                     84%

Sumber : blog.mynetdiary.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar